Jalan-Jalan ke Museum Puspa Iptek Sundial

Selama ini banyak orang menganggap berwisata ke Bandung adalah saat untuk menghabiskan uang sebanyak-banyaknya dengan berbelanja dan makan di restoran mewah. Padahal, ada banyak hal lain yang bisa dilakukan di Bandung, salah satunya bermain ke Museum Puspa Iptek Sundial yang terletak di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kab. Bandung Barat. Meski bernama museum, tempat ini tidak menyajikan barang-barang peninggalan zaman pra sejarah.

Di Museum yang terletak tidak jauh dari pusat Kota Bandung dan pintu tol Padalarang ini, kita bisa menemukan beragam alat peraga sains yang memudahkan untuk belajar ilmu pengetahuan alam. Bangunan museum ini juga unik karena merupakan jam matahari (Sundial) terbesar di Asia Pasifik. Tidak hanya mengedukasi, wisata ini juga tidak akan merogoh kocek Anda terlalu dalam. Museum ini sangat tepat dijadikan referensi untuk berlibur akhir pekan bersama si kecil.

Museum Puspa IPTEK Sundial

Museum Puspa IPTEK Sundial

Tim Liputan:
Juru Kamera: Farah Qoonita, Ayu Syifa Salsabilla, Cendikia Panggih Mulyani
Reporter: Cendikia Panggih Mulyani, Ayu Syifa Salsabilla
Naskah dan Narator: Ayu Syifa Salsabilla
Penata Suara: Cendikia Panggih Mulyani
Editor Video: Farah Qoonita

Menghidupkan Sejarah Bersama Historia van Bandoeng

Anggota Komunitas Historia van Bandung berpose dengan seragam prajurit jaman perjuangan kemerdekaan RI

Sejarah merupakan bagian penting dalam perjalanan suatu bangsa. Ir. Soekarno bahkan pernah menyebut sebuah semboyan yakni “JAS MERAH” alias “Jangan Sekali-sekali Melupakan Sejarah”. Berangkat dari semangat tersebut serta kecintaan terhadap Bandung, terbentuklah komunitas Historia van Bandoeng, yang terdiri atas orang-orang penggemar sejarah, terutama sejarah peperangan di Bandung. Mereka melakukan reenachment atau reka ulang sejarah, parade, serta seni teatrikal terutama saat peringatan hari-hari pentig bersejarah.

Continue reading






Perpustakaan Jalanan Bandung

Perpustakaan jalanan di Taman Cikapayang - Dago menyediakan buku-buku gratis bagi siapapun yang berminat membaca

Bosan dengan suasana perpustakaan pada umumnya? Silahkan datang ke perpustakaan jalanan. Pengunjung bisa membaca berbagai koleksi buku milik perpustakaan jalanan. Selain itu, pengunjung juga bisa menjadi donatur untuk perpustakaan jalanan, dengan menyumbang beberapa buku berjenis apapun. Perpustakaan jalanan menggelar lapaknya setiap Sabtu malam pukul 19:00 WIB, dan bertempat di Taman Cikapayang Dago, Kota Bandung.

Continue reading






Mengenang Sejarah di Museum KAA

The World Goes to bandung

Hari Peringatan Konferensi Asia-Afrika (KAA) ke-59 jatuh pada 18-24 April tahun ini. Peristiwa KAA begitu bersejarah bagi Indonesia dan dunia. Demi memaknai peristiwa KAA, kita harus mengetahui dan mempelajari sejarahnya. Belajar sejarah KAA tidak mesti selalu lewat buku, bisa juga dengan cara lain. Salah satu caranya dengan berwisata ke Museum Konperensi Asia-Afrika yang terletak di Jalan Asia Afrika No. 65, Braga, Bandung.

Continue reading






Belajar Membuat Film Bersama Sunday Screen

Belajar membuat film

Minggu siang, 13 April 2014 lalu Komunitas Sunday Screen bersama anak-anak dari TPA Al-Khoeriyyah, Ujung Berung, Bandung, berencana membuat tiga film yang disutradarai oleh anak-anak Al-Khoerriyah sendiri. Anak-anak yang berusia 5 hingga 14 tahun itu terlihat bersemangat saat membuat cerita atau belajar mengoperasikan kamera. Sayang, karena hujan mulai turun sore itu, hanya dua film yang berhasil mereka selesaikan.

Continue reading






Mahanesia – Menempa Kujang

Kujang adalah salah satu alat pusaka yang berasal dari daerah Jawa Barat. Kujang memuat nilai-nilai luhur kemasyarakatan. Menempa kujang tentu saja bukan hal mudah, kesabaran serta ketelitian sangat dibutuhkan dalam setiap prosesnya.

Nur Imam Mohamad – Produser
M. Andika Putra – Camera Person
Rachmat Ogie Kurniawan – Camera Person
Ibnu Haykal – Script Writer
Aditya Diveranta – Editor

Video ini dibuat sebagai tugas akhir mata kuliah Produksi Feature Televisi di Prodi Ilmu Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran

ESCAPE TO KAREUMBI: Menjelajah Rimba Bekas Taman Buru


Surya (punk-traveller) melakukan perjalanan dadakan ke sebuah tempat wisata alam liar bernama Kawasan Konservasi Masigit Kareumbi yang berada di dalam Gunung Masigit, Jawa Barat. Kawasan yang menjadi titik pertemuan tiga kabupaten (Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Garut) ini ternyata memiliki beragam fitur alam terbuka yang menarik untuk dicoba. Seperti apa petualangan yang dilakukan Surya? Saksikan tayangan “Escape” episode “Menjelajah Rimba Bekas Taman Buru”.

Tim Produksi
Produser : Nadhira Rizki
Pembawa Acara : Surya Hadiansyah
Juru Kamera : Aldo Fenalosa
Penulis Naskah : Uswatun Khasanah
Pengatur Suara : Aditya Amran
Editor : Indira Listiarini

Disclaimer: Video ini dibuat sebagai tugas akhir mata kuliah Produksi Feature Televisi di Departemen Ilmu Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi UNPAD

Beberapa Saat Menjadi Warga Jakarta

Hingga saat ini, televisi masih menjadi media massa favorit bagi banyak orang. Karakter utama suara dan gambar yang ditawarkan televisi menjadi daya tarik utama yang diberikan kepada masyarakat. Televisi juga berusaha memberikan kabar-kabar terkini lebih cepat dibandingkan surat kabar atau majalah. Saingan televisi dalam memberitakan dengan cepat peristiwa yang terjadi adalah radio dan media massa dalam jaringan (daring). Tetapi, karena kelebihan yang dimiliki oleh televisi, setiap orang yang mengonsumsi radio ataupun media massa daring pasti juga menonton televisi.

Continue reading