Bergesernya Buah Tangan di Ibukota Priangan

Supardi, tetap mempertahankan usaha peyeumnya yang sudah berlangsung 10 tahun

Kehadiran wisatawan yang cukup banyak di Bandung tentunya mendorong berbagai aspek pariwisata berkembang pesat, salah satunya industri makanan untuk dijadikan oleh-oleh. Dulu oleh-oleh khas tradisional seperti peyeum, bandrek, bajigur dan keripik tempe menjadi ciri khas Bandung, namun kini eksistensi oleh-oleh tradisional itu telah digeser kehadirannya oleh makanan seperti brownies dan keripik pedas yang menghebohkan. Secara tidak langsung hal tersebut membuat ciri khas Bandung mulai berubah.

Continue reading

Semangat Belajar Anak Berkebutuhan Khusus

Seorang siswa SDLB G melambaikan tangan untuk mengucapkan sampai jumpa karena jam sekolah telah usai pada hari itu. Ia digendong ibunya sambil bercengkrama dengan orang tua lainnya di salah satu lorong sekolah.

Walaupun dengan keadaan mereka yang berbeda dengan anak normal lainnya, mereka tetap memiliki semangat yang sama untuk belajar. Siswa-siswi di SLB G Baleendah ini merupakan siswa yang memiliki cacat ganda dan dididik dengan cara khusus. Mereka belajar agar bisa mandiri, membaca, menulis dan menghasilkan kerajinan tangan. Mereka juga dilatih agar bisa bergaul dengan orang normal lainnya

Continue reading






Sanggar Waditra, Pertahankan Eksistensi Alat Musik Karawitan Jawa Barat

Bapak H. Riskonda sedang memainkan Kecapi hasil Sanggarnya

Jawa Barat memiliki bermacam-macam jenis seni musik tradisional. Salah satu yang masih tetap eksis hingga saat ini adalah Karawitan. Keistimewaan seni musik ini terletak pada aspek audio yang meliputi warna bunyi dan keindahan ornamen. Dengan perspektif inilah muncul Sanggar Waditra, salah satu tempat pembuatan alat musik tradisional Sunda yang menjadi…

Continue reading

Atribut Sunda Di Balik “Rebo Nyunda”

PAKAIAN LELAKI SUNDA – Salah seorang penjual atribut sunda di pasar kaget Gasibu, bandung sedang menjaga lapak dagangannya Minggu, (18/5/2014). Ia menggunakan pakaian adat sunda lengkap dengan atribut seperti pin dan bando.

Rebo Nyunda adalah salah satu hari tematik yang digagas oleh Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, dalam rangka mengembalikan dan melestarikan budaya Sunda. Rebo Nyunda telah ditetapkan sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) No 2 Tahun 2012 tentang Penggunaan dan Pelestarian Bahasa, Sastra, dan Aksara Sunda. Selaras dengan berjalannya peraturan ini ada…

Continue reading

Stilasi Bandung Lautan Api, Untuk Mengenang atau Dikenang

IMG_2865 copy

Sekarang, telah menjadi lautan api, mari bung rebut kembali. Kalimat yang terdengar tidak asing bagi masyarakat Indonesia tersebut adalah sebuah penggalan lirik lagu perjuangan Halo-Halo Bandung. Lagu yang dibuat untuk mengenang peristiwa Bandung Lautan Api tersebut seakan terus menempel di ingatan masyarakat Indonesia. Tapi apakah hal tersebut juga terjadi dengan peristiwa Bandung Lautan Api itu sendiri?

Continue reading






Oleh-Oleh Dari Cihampelas

Suasana jalan Cihampelas pada siang hari (11/5)

Tertarik untuk mengunjungi Masjid tertua di Bandung? Atau anda ingin membeli senjata-senjata unik hasil karya anak bangsa? Atau hanya sekedar melihat-lihat dan mencicipi makanan ringan yang murah ? Kunjungi saja jalan Cihampelas dan dapatkan kepuasan berwisata kuliner, sejarah, hingga berwisata belanja yang berkesan dan tak akan mudah dilupakan.

Continue reading






Saung Angklung Udjo : Pertahankan Budaya di Era Modern

Proses pembuatan angklung

Masuk ke dalam SAU, udara segar dan pohon-pohon Bambu menyambut. SAU merupakan tempat yang tepat untuk menjauh dari hiruk pikuk kota. Furnitur-furnitur yang hampir semuanya terbuat dari bambu, sangat identik dengan warna Sunda. Ditambah lagi dengan adanya alunan instrumen Angklung secara langsung yang memang diadakakan secara rutin. Alunan tersebut bisa berasal dari latihan anak-anak yang berlatih instrumen Angklung di SAU, bisa juga berasal dari pertunjukan yang memang diadakan setiap pukul 10.00, pukul 13.00, dan pukul 15.30 WIB.

Continue reading