Saling Mengenal lewat Unite Cup

Sepak bola menjadi salah satu olahraga rakyat yang bisa menyatukan masyarakat dari kaum bawah maupun kaum kapitalis. Dari kecintaan masyarakat terhadap bola, banyak yang ikut memeriahkan sepakbola baik tanah air maupun internasional.

Lain lagi dengan futsal, olahraga yang bisa dibilang mini-sepakbola ini mulai berkembang khususnya di Indonesia pada abad ke-21, mulai tahun 2000. Semenjak saat itu futsal mulai dikenal dan banyak diminati masyarakat. Namun masih belum menjadi olahraga profesional, hanya sebagai olahraga rekreatif saja.


Kebersamaan pemain dari berbagai UKM setelah pertandingan.

Sorak-sorai supporter mendukung jagoan mereka terdengar dari Lapangan futsal Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran. Sorak-sorai itu datang dari pertandingan futsal Unite Cup. Unite Cup (UKM in Communicate) adalah turnamen futsal antara Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bentukan Cosmic, unit kegiatan futsal di Fikom. Meskipun diguyur hujan, semangat para pemain dan suporter tidak luntur. Terlihat suporter dari UKM BKI (Biro Kerohanian Islam) membawa spanduk dukungan mereka. Serta Suporter dari UKM KJ21 (Kelompok Jatinangor 21) membawa payung dan terpal untuk mereka berteduh sembari mendukung tim futsal mereka. Sangat jelas terlihat antusias penonton yang mendukung tim idola mereka dengan semangat.

Hiruk pikuk penonton menyemangati tim andala mereka.

Hiruk pikuk penonton menyemangati tim andala mereka.

Unite Cup menjadi salah satu ajang kompetisi futsal antar UKM pertama khusus diadakan untuk laki-laki. Kompetisi ini diadakan untuk menyatukan seluruh anggota-anggota UKM dan memperkenalkan Cosmic ke seluruh mahasiswa Unpad berawal dari Fikom. Selain itu kompetisi ini juga diadakan untuk menjaga silaturahmi satu sama lain antar pemain.

Dalam kompetisi ini, ada sekitar 10 UKM di Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad yang ikut serta. Setiap UKM mengutus tim futsal mereka ke dalam kompetisi ini untuk memperebutkan hadiah berupa piala, serta juga ada kategori lain seperti supporter terbaik dan Top Scorer untuk pemain. Antusiasme para peserta sangat terlihat dari UKM yang mengirimkan lebih dari 1 tim, Cinematography Club (CC) misalnya, mengirimkan 2 tim futsal. Namun ada 3 UKM yang tidak bisa berpartisipasi dalam turnamen ini, yaitu Basket Fikom (Baskom), POSH, dan K3S.

Antusias pemain terlihat dari semangat permainan futsal mereka dalam pertandingan kompetisi Unite

Sayangnya, persiapan Unite Cup agak sedikit mepet, karena waktu dan proker yang bentrok dengan Program Pelatihan Wasit yang seharusnya diadakan sebelum kompetisi ini. Akhirnya, Unite Cup yang seharusnya dilaksanakan bulan Mei harus dipercepat ke bulan April. Hujan yang selama April ini rutin mengguyur rutin setiap sore sempat menghalangi turnamen ini. Tapi acara tetap berlangsung dan tidak ada satupun tim yang walk-out. Tapi hujan tidak menyurutkan semangat para suporter. Suporter dari setiap UKM malah mempersiapkan diri, contohnya saja suporter Unit Kegiatan Pecinta Alam (Kappa) malah membawa terpal sendiri untuk menghindari hujan, ditambah dengan adanya hadiah untuk suporter terbaik yang telah disiapkan oleh panitia Unite Cup.

Acara ini juga banyak mendapat dukungan baik dari Fikom, termasuk bapak Pembantu Dekan III Fikom, Aceng Abdullah. Dukungan dari luar kampus pun terwujud dari dukungan sponsorship dari Zombie FM, Info Jatinangor, dan B.S.P.K (Bangsal Susu Petarung Kehidupan).

Kompetisi ini diharapkan bisa menjadi ajang kompetisi pemersatu mahasiswa di Unpad, meskipun baru tahun ini diadakan. Ketua panitia Unite Cup, Agung Gilang Pratama Putra, mengatakan bahwa jika acara turnamen ini sukses, maka turnamen ini akan menjadi agenda tahunan tentunya dengan dukungan dari fakultas dan seluruh civitas akademika di Fikom Unpad.

 Selain Unite Cup, masih banyak proker (Program Kerja) komunitas futsal Cosmic yang akan dijalankan untuk tahun ini, seperti mengadakan Turnamen Futsal putra-putri SMA se-Kota Bandung, Pelatihan Wasit (Coaching Clinic), dan event-event besar lainnya.
Narasumber:
Agung Gilang Pratama Putra (Ketua Panitia Unite Cup)
Tim Liputan:
Rachmat Ogie Kurniawan (210110110 515)
Mohamad Rahmalio (210110110 322)
Muhammad Alif Hudanto (210110110 475)

About Rachmat Ogie Kurniawan

Journalism, Padjadjaran University

One Comment

  1. berharap futsal fikom bisa lebih maju

Leave a Reply