Aksi Pemuda Melalui Gelaran Indonesia Youth Forum 2013

Sebanyak 200 sosial project  yang digagas oleh para pemuda dari 25 provinsi di Nusantara akan diserahkan kepada Kementrian Pemuda dan Olah Raga. Para pemuda tersebut membawa sosial project yang berkaitan dengan persoalan sosial, budaya, pendidikan, kewiraushaan, lingkungan, dan kesehatan di daerahnya masing-masing. Sosial project ini akan diserahkan kepada Kemenpora melalui acara Indonesia Youth Forum 2013.

Peserta IYF 2013 bersama Fadh Djibran, setelah mengikuti Coaching Clinic - Creative Writing.

Peserta IYF 2013 bersama Fadh Djibran, setelah mengikuti Coaching Clinic – Creative Writing.

Dalam acara yang diselenggarakan selama 4 hari  dari 23 mei – 26 mei 2013 di Bandung ini, para peserta mendapat pembekalan materi yang berhubungan dengan sosial project mereka. Pembekalan materi berupa forum diskusi dan seminar motivasi dari para leaders dan CEO yang ahli di bidangnya. Pembicara yang mengisi sesi tersebut antara lain bupati Belitung Timur, Basuri Tjahaja Purnama, bupati Wakatobi, Hugua, dan CEO Jamsostek, Elvyn Masasya.

Para peserta memulai kegiatan Indonesia Youth Forum 2013 ini diawali dengan acara pembukaan di Gedung Merdeka Bandung. Dalam acara pembukaan yang dihadiri oleh wakil walikota Bandung, Ayi Vivananda, para peserta mengenakan baju adat daerah masing-masing. Pada hari tersebut para peserta juga mengikuti kegiatan coaching clinic yang bertempat di Wisma Pekerjaan Umum, Jl.RE Martadinata no.119 Bandung.

Setelah melakukan kegiatan penanaman pohon, peserta IYF 2013 juga berkeliling hutan kota Babakan Siliwangi (25/5).

Setelah melakukan kegiatan penanaman pohon, peserta IYF 2013 juga berkeliling hutan kota Babakan Siliwangi (25/5).

Peserta IYF 2013 berfoto bersama setelah mengikuti kegiatan "Meet the Leader" pada Sabtu (25/5).

Peserta IYF 2013 berfoto bersama setelah mengikuti kegiatan “Meet the Leader” pada Sabtu (25/5).

Dihari berikutnya yaitu 24 Mei 2013, peserta Indonesia Youth Forum mengikuti kegiatan coching clinic, world cafe, dan International relation and diplomation. Kegiatan hari kedua ini diadakan di hotel Savoy Homan, Bandung. Dalam kegiatan World Cafe peserta dibagi kedalam beberapa kelompok diskusi yang mendiskusikan berbagai isu-isu dunia, seperti Save Our Heritage, Sosial Media Campaign, Environment, Drugs, Student Exchange, dll. Setelah itu peserta mengikuti kegiatan International relation dan diplomation yang materinya diberikan langsung oleh Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia.

Delegasi Universitas Padjadjaran untuk IYF 2013 di acara penutupan yang dilaksanakan di Hotel Savoy Homan, Bandung, Minggu (26/5).

Delegasi Universitas Padjadjaran untuk IYF 2013 di acara penutupan yang dilaksanakan di Hotel Savoy Homan, Bandung, Minggu (26/5).

Dihari ketiga, para peserta melakukan kegiatan penanaman pohon di hutan kota Babakan Siliwangi Bandung, kemudia kegiatan dilanjutkan dengan seminar yang diberikan oleh PT. Microsoft dan CEO Bumbu Desa. Setelah itu dihari kempat, para peserta melakukan kegiatan aksi Indonesia Minum Susu yang bertempat di area CFD Dago. Acara ini ditutup langsung oleh Menteri Pemuda dan Olah Raga, Roy Suryo di hotel Savoy Homan pada Minggu (26/5).

 

Leave a Reply