Cara Gaul Berolahraga

Berolahraga kini menjadi salah satu gaya hidup yang wajib dijalani. Selain sehat, kegiatan kini juga menjadi suatu ajang aksi gaul anak muda. Contohnya saja, olahraga Muay Thai yang sudah cukup lama digandrungi kaum muda, khususnya di Bandung.

Nggak ikut muaythai, nggak gaul,” jelas Neisya sebagai Humas dari Sabai Muaythai.

Muay Thai kini populer dengan sebutan Thai Boxing. Olahraga ini merupakan sebuah seni bela diri tangan kosong asal Thailand. Petarung Muay Thai melakukan serangan menggunakan kepalan, sikut, lutut, dan tulang kering.  Pada dasarnya, Muay Thai mempunyai bentuk pukulan yang hampir sama dengan dengan jenis pukulan tinju ala barat. Sebelum menjadi petarung Muay Thai, kita harus terlebih dahulu mengikuti Basic Class atau kelas dasar. Setelah itu barulah kita dapat ke tahap selanjutnya yakni Fighter Class. Teknik yang diajarkan  dalam Sabai Muay Thai teknik pukulan, teknik sikutan, teknik menendang dengan lutut, dan menendang dengan tulang kering. Selain itu, terdapat kelas yang sangat diminati oleh kaum wanita yakni Kelas Kardio (Cardio Class). Aktivitas yang dilakukan dalam kelas ini memfokuskan pada penurunan berat badan dan pembentukan tubuh menggunakan teknik dalam Muay Thai.

Seiring dengan bertambahnya peminat akan olahraga ini, Raditya Pram mulai mendirikan sebuah kamp Muay Thai di Bandung pada tahun 2010 yang diberi nama Sabai Muay Thai. Berlokasi di Jalan jenderal Gatot Soebroto nomor 27, Bandung, setiap hari terdapat sekumpulan remaja beradu dengan keringat dan stamina, melakukan berbagai jenis gerakan dan teknik, mengisi waktu mereka dengan Muay Thai. Kebanyakan dari anggota Sabai Muay Thai sendiri adalah perempuan, dengan presentase 60% banding 40%. Mayoritas anggota dari Sabai Muay Thai merupakan siswa SMP, SMA, dan mahasiswa. Dengan tagline “The Only Place Where Fight Can Be Fun”, Sabai Muay Thai mengembangkan pola latihan Muay Thai modern.

 

 

Azalea Annas Finesha (Produser dan Fotografer)

Ziaulika Urbakh Zaen (Reporter dan Editor)

Sugara Yoppindra (Reporter)

Leave a Reply