Semangat Belajar Anak Berkebutuhan Khusus

Walaupun dengan keadaan mereka yang berbeda dengan anak normal lainnya, mereka tetap memiliki semangat yang sama untuk belajar. Siswa-siswi di SLB G Baleendah ini merupakan siswa yang memiliki cacat ganda dan dididik dengan cara khusus. Mereka belajar agar bisa mandiri, membaca, menulis dan menghasilkan kerajinan tangan.Mereka juga dilatih agar bisa bergaul dengan orang normal lainnya.

This slideshow requires JavaScript.

Sekolah Luar Biasa bagian G di Baleendah merupakan sekolah yang didirikan Yayasan Bhakti Mitra Utama yang dikepalai oleh Dr. Usjafri Zalmi M.pd. Sekolah ini memberikan layan pendidikan secara khusus untuk membantu anak penyandang cacat ganda mandiri dan bisa berkarya seni. SLB G Baleendah ini memiliki tingkatan SD,SMP dan SMA. Pada tahap awal mereka ditempatkan di kelas fisioterapi untuk diajarkan duduk, berdiri, berbicara dan menahan tingkat hiperaktivitas mereka.

Setelah itu mereka akan dimasukkan pada tingkat SD yang tentunya jenis mata pelajaran mereka sama dengan SD pada umumnya, hanya saja tingkat kedalaman dan pengajaran disesuaikan dengan kemampuan mereka. Mereka diajarkan menulis, membaca dan mewarnai. Pada tingkat SMP dan SMA, mereka diajarkan untuk memahami sebuah kalimat dan membuat kerajinan tangan. Untuk siswi SMP/SMA mereka diajarkan menjahit, menyulam, membuat aksesori dan berbagai hiasan. Sementara siswa SMP/SMA diajarkan untuk membuat perabotan rumah seperti meja dan lemari.

SLB G Baleendah ini juga menyediakan asrama bagi mereka yang tak memiliki tempat tinggal baik pelajar maupun alumni. Alumni-alumni di sana sudah mampu melakukan pekerjaan rumah secara mandiri kecuali memasak. Mereka biasanya mengisi waktu luang dengan menggambar, mewarnai dan membuat cerpen. Hanya saja pihak SLB G Baleendah masih belum menemukan media yang mau menerima karya mereka.
Oleh :
Monagia Supardi – Produser dan cameraman
Iriyanti Mendayun – Cameraman, penulis, editor
Dororthi Iberani Wamafma – Reporter

Leave a Reply