Go, PSM Unpad!

PSM Unpad bisa dibilang telah mengharumkan nama bangsa Indonesia. Belum lama ini, tepatnya pada akhir tahun 2010, mereka telah berhasil go international, dengan mengikuti Kompetisi Paduan Suara “24th Praga Cantat Competition” yang dilaksanakan di Praha, Ceko. Tidak hanya berhasil berpartisipasi, namun mereka juga bisa mengungguli para peserta dari negara lain.

Prestasi Go International ini tidak semata-mata diraih dengan cara yang mudah. Pada awalnya, PSM Unpad sempat menembus musik internasional pada tahun 1999, 2000 dan 2004. Kemudian mereka sempat vakum selama 5 tahun karena berbagai kendala, seperti kendala diplomasi baik ke pihak kampus maupun pihak KBRI dan sponsor, dan juga kendala finansial. Pada tahun 2010, mereka akhirnya siap untuk berangkat lagi ke kompetisi internasional.

Pada Festival Luar Negeri (FLN) 2010, mereka mengikuti semacam rangkaian kegiatan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Pada rangkaian pertama, mereka menggelar Pre-Concert yang diselenggarakan di kota Bandung dan Jakarta. Setelah itu mereka langsung bertolak ke Berlin, Jerman untuk menggelar konser kebudayaan. Kemudian mereka mengikuti kompetisi paduan suara di Praha pada tanggal 29 hingga 30 Oktober 2010. Pada 1 November 2010 mereka kembali menggelar konser kebudayaan di Praha.

Pada kompetisi yang mereka ikuti tersebut mereka menyabet predikat “Gold Diplome” karena berhasil mendapatkan poin tertinggi dari peserta lainnya. Selain itu mereka juga mendapat peghargaan “Female Choir” setelah mengalahkan pesaing terberatnya, yakni Bubureza Female Choir serta mendapat penghargaan “Advance Mixed Choir” setelah mengungguli Canticum dari Norwegia.

Prestasi semacam ini tentu saja membanggakan, baik bagi Unpad maupun bagi Indonesia. “Kami sangat bangga karena bisa mengharumkan nama Unpad, Jawa Barat, dan Indonesia di kancah Internasional, karena kami bisa bersaing dengan orang – orang Eropa. Kami juga bangga bisa mengungguli peserta – peserta dari negara lain,” ujar Dien Fajria ketua FLN Unpad 2010.

Setelah meraih banyak penghargaan dari kompetisi tersebut, PSM Unpad menjadi lebih sering mendapat tawaran untuk mengisi acara, seperti pada acara ulang tahun Pertamina dan ulang tahun hubungan bilateral Indonesia – Jerman yang ke-50 tahun. Mereka juga ditawari tampil pada acara ulang tahun Nasional Demokrat. “Kami sangat senang bisa tampil di acara ulang tahunnya Nasdem karena saat itu banyak menteri yang melihat penampilan kami, dan itu tentu sangat membanggakan bagi kami,” tutur Ibnu Ismail, ketua PSM Unpad.  (Kartika/Angga/Bangun)

Leave a Reply