TASCO, Berolahraga dan Bersilaturahmi dengan Airsoftgun

Percaya atau tidak mahasiswa itu sangat terikat dengan kehidupan yang serba hemat dan berkecukupan, baik itu yang kost, maupun yang tinggal di rumah. Umur yang rata-rata sudah bukan belasan lagi membuat seorang mahasiswa seharusnya dewasa dan berpikir keras untuk mampu mengatur keuangan sehari-harinya. Terkait dengan hal diatas kebanyakan mahasiswa sepertinya tidak mampu untuk menjalankan pola hidup yang sehat, terpaku di depan layar komputer, kurang makan juga sosialisasi dan yang terakhir jarang berolahraga. Padahal sebenarnya ada banyak cara untuk menanggulangi semua itu dengan berbagai cara yang menarik, Dan Komunitas Airsoftgun yang bernama TASCO atau Telkom-Education Airsoftgun Squad and Community adalah salah satunya.

Jika mendengar kata Airsoftgun, pasti pandangan kita akan terpaku pada peralatannya yang mahal plus susah dicari, dan kalau dikaitkan dengan yang tadi, bagaimana mungkin seorang mahasiswa bisa membelinya. Nah, itulah salah satu keuntungan menjadi anggota di komunitas ini. Anggota yang tidak punya perlatan dapat meminjam alat-alatnya secara gratis. Karena TASCO masih berbentuk komunitas dan belum ada UKM resminya, maka, tidak hanya mahasiswa IT Telkom saja yang bisa bergabung, tetapi terbuka kepada semua orang.

 

Contoh kostum yang dipakai saat bermain Airsoftgun

TASCO yang dibentuk tahun 2002 ini pada awalnya bernama STEALTH. Namun, karena adanya pergantian nama pada universitas yang bersangkutan, maka ini pun berdampak pada nama mereka. Ide awal tercetusnya komunitas ini sebenarnya didasari banyak hal, ada yang karena para pencetus tidak kesampaian masuk TNI, memiliki hobi main game 1st person shooting, sampai pada mereka yang maniak replika senjata dll. Untuk kegiatannya sendiri TASCO memiliki jadwal rutin setiap seminggu sekali, biasanya itu di hari Minggu dan bertempat di area kampus IT Telkom sendiri yang bernama area Woodland. Namun, apabila ada pertandingan persahabatan, biasanya tempat bisa pindah ke jumat malam dan bertempat di kampus lain. “Kita bisa main di Unpar ataupun Itenas, yah ini kan selain olahraga, tapi menjalin persahabatan juga,” kata Kemas, ketua komunitas ini tahun 2010.

 

Contoh senjata yang dipakai untuk "berperang"

Pihak TASCO mengakui untuk menjalankan komunitasnya ini tergolong susah-susah gampang. Hal ini disebabkan penentangan dari pihak kampus pada awal berdirinya karena sempat ada prasangka kalau komunitas seperti ini merupakan ajang pelatihan terorisme. Namun, lambat laun semakin bertambahnya tahun komunitas ini semakin terbuka kepada pihak kampus, sehingga pihak kampus pun melunak, bahkan sampai ada dosen yang tertarik untuk ikut bermain. TASCO sendiri memang sudah memiliki rencana untuk mengubah komunitas ini menjadi UKM. Namun, karena masih takut dalam urusan administrasinya, maka rencana itu pun selalu tertunda. Tapi, mereka menjelaskan dengan diberikan keringanan untuk izin tempat pun, mereka sudah tertolong dan menghargai kebaikan kampus.

Siapkah Anda bermain Airsoftgun?

Untuk keanggotaan sendiri mereka sudah memiliki lebih dari 30 anggota dengan kira-kira belasan anggota tetap. Tetap yang dimaksud disini adalah, anggota yang selalu datang pada saat latihan rutin. Mereka melakukan perekrutan dengan cara memakai publikasi di mading kampus dan jejaring sosial.

Anda merasa tertarik? Jadi tunggu apalagi, untuk informasi lebih lanjut bisa kunjungi http://www.intelijen.co.id/komunitas/1329-tasco. Jangan khawatir, apabila Anda masih belum mahir, pihak TASCO sendiri melakukan training khusus terlebih dahulu untuk para beginner, dan itu rutin dilakukan setiap akan memulai permainan, yang perlu Anda lakukan hanyalah mematuhi rules yang ada dan BAAAAM!! Anda siap bermain.

 

– Muhamad Iko Dwipa Gautama

– Alika Nugraha

– Hafiz Sezario Indra

 

Leave a Reply