Maranatha Diving Club, Pengalaman Seru Bawah Laut

MARANATHA DIVING CLUB, PENGALAMAN SERU BAWAH LAUT

Pernah mendengar kata diving? Olahraga menyelam dalam laut ini mempunyai ciri khas unik tersendiri, yaitu si penyelam bisa berinteraksi dengan kehidupan bawah laut. Berawal dari kegemaran inilah, Maranatha Diving Club (MDC) dibentuk. Salah satu orang yang berperan besar dalam kejayaan MDC sendiri adalah Kaufik Anril H., ST. yang sudah menjadi diver profesional pada tahun 1999 dan merupakan angkatan ketiga dari MDC.

Jennifer dan Lambang dari Maranatha Diving Club

MDC membuka perekrutan anggota pada bulan Juli setiap tahunnya. Anggota yang mendaftar tidak hanya mahasiswa yang berasal dari Universitas Maranatha saja, namun ada pula yang berasal dari universitas lain. Contohnya saja dari Universitas Parahyangan. Bahkan ada beberapa yang sudah bekerja. Untuk diterima resmi menjadi anggota MDC, ada beberapa syarat yang harus dilakukan. Pertama-tama, mengisi formulir yang bisa dibeli dengan harga Rp 200.000,00. Lalu, mengikuti kelas yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas teori dan kelas kolam. Kedua kelas ini bisa disesuaikan jadwalnya antara para peserta dengan instrukturnya sehingga tidak mengganggu jadwal kuliah. Kelas teori itu menjelaskan tentang teknik-teknik dasar dalam diving, seperti teknik pernapasan dalam air. Kelas ini berlangsung selama 4-5 pertemuan. Biasanya banyak pendaftar yang give up duluan di kelas ini karena bosan dengan hal-hal yang berbau teori dan tidak sabar untuk mempraktekkannya langsung. “Padahal mengetahui teori dasar sangat penting untuk menguasai diving.” ujar Jennifer, pengurus MDC. Sedangkan kalau kelas kolam lebih kepada penjelasan penggunaan alat-alat diving dan mempraktekkan yang sudah dijelaskan dalam kelas teori, seperti duck dive (meluncur lurus ke dalam air ala bebek) dan snorkling. Tentu saja, meskipun kelihaian berenang tidak begitu diperlukan, tapi setidaknya peserta harus menguasai gaya katak. Hal ini dikarenakan memang ada tes berenang 10 kali bolak-balik untuk pemanasan. Kelas ini diadakan di Sampoerna dan berlangsung selama 3-4 pertemuan. Setelah mengikuti kedua kelas tadi dan dinyatakan lulus, maka mereka yang mendaftar resmi menjadi anggota MDC, dibuktikan oleh penerimaan sertifikat dari MDC. Meskipun begitu, anggota masih belum bisa langsung diving di laut lepas.

Mading MBC di Kantin Maranatha

Untuk bisa ke laut, dibutuhkan sertifikat yang berasal dari PADI (Professional Association of Diving Instructors). MDC sendiri memakai sertifikat PADI Asia. Sertifikatnya sendiri berbentuk seperti kartu ATM. Ada beberapa tingkatan untuk seorang diver, yaitu open water, advance, rescue, dan dive master. Untuk training ini, MDC berasosiasi dengan belajardiving.com.

Diving Itu Seru

Bicara soal diving memang tidak ada habis-habisnya. Banyak pengalaman seru yang didapat dari olahraga ekstrim satu ini. Seperti Jennifer, misalnya, yang pernah mencoba diving di Bali. Kunci untuk menjadi seorang diver sebenarnya hanya satu, yaitu tenang. Jadi kalau misalnya ada yang salah, tidak boleh langsung panik karena itu justru akan membahayakan nyawa. “Saya pernah ngalamin tangki abis di kedalaman beberapa meter. Lalu saya ingat di kelas teori kalau kita tidak boleh panik. Jadi saya tenang-tenang saja naik ke atas sambil bersenandung dalam diam.” kata pemegang sertifikat open water ini.
Lalu kalau ada hiu yang melintas pun bertindaklah biasa saja. Selama kita tidak memancing yang bukan-bukan, seperti mengeluarkan darah, hiu itu tidak akan mengejar atau bahkan menyerang. Intinya tetap menikmati saja keindahan bawah laut.

Beberapa Perlengkapan Diving

Tiap tahun MDC juga mendapat undangan dari Universitas Diponegoro yang ada di Semarang pergi ke Karimunjawa untuk melestarikan terumbu karang di sana. Terumbu karang itu sudah hampir punah karena kelalaian manusia, seperti pengeboman, penjaringan ikan, bahkan diving pun bisa membuat populasi terumbu karang menjadi semakin sedikit. Misalnya saja, pemakaian sarung tangan. Sarung tangan yang mengenai terumbu karang akan merusak terumbu karang yang ada.
Untuk kegiatan rutin, MDC melakukan gathering yang diadakan setiap bulannya. Ini bertujuan untuk mengakrabkan anggota satu sama lain. Selain itu, MDC juga berpartisipasi berbagai macam trip yang diadakan berbagai lembaga, seperti Deep Indonesia 2011 event yang berlangsung tanggal 31 Maret – 3 April kemarin di Jakarta.

Oleh : Yohannie Linggasari, Khara Gracia, Patricia Renya

One Comment

  1. Halo…
    saya tinggal di bandung..
    dan saya sangat berminat untuk mengikuti kursus diving yang diadakan MDC..Saya harus menghubungi siapa ya untuk infonya?

Leave a Reply