Sawunggaling 02, Rumah Klasik Warisan Dunia

Tahun 2000, sebuah bangunan peninggalan masa kolonial di Jalan Sawunggaling Bandung menyita perhatian dunia karena menjadi bangunan pertama di Indonesia yang mendapatkan UNESCO Asia – Pasific Heritage Award for Culture Heritage Conservation 2000-2004. Prestasi yang membanggakan, tetapi juga membuat miris karena dari sekian banyaknya warisan peninggalan zaman kolonial di Indonesia, hanya beberapa yang sukses direstorasi. Dari jumlah itupun, hanya tiga gedung yang diakui menjadi warisan dunia.

Bangunan di Jl Sawunggaling No. 2, warisan dunia

Merupakan suatu kebanggaan bagi Dr Dibyo Hartono IAI dapat merestorasi rumah Charles Prosper Wolff Schoemaker, guru dari Ir. Soekarno yang juga merancang Gedung Merdeka, Villa Isola, dan Masjid Cipaganti. Terletak di Jalan Sawunggaling nomor 02 Bandung, rumah itu telah hancur 40% di tahun 1999 karena tidak dirawat oleh pemiliknya. Menurut Dibyo Hartono, nilai tinggi bangunan tersebut terlihat dari kekreativitasan, keindahan, keunikan dan kesesuaian bangunan ini dengan iklim Bandung.

Rumah klasik yang dibangun pada tahun 1930 ini direstorasi oleh Dibyo dan memakan waktu selama enam bulan untuk pengerjaannya dengan biaya senilai US$ 40.000. Biaya tersebut terhitung efisien mengingat bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan impor.

Pada akhirnya di tahun 2000, Dibyo mengajukan rumah tersebut ke UNESCO Asia – Pasific Heritage Award for Culture Heritage Conservation 2000-2004. Kemudian ditetapkanlah Sawunggaling 02 sebagai salah satu warisan budaya yang diakui dunia.

Selain pernah menjadi tempat tinggal Wolf Schoemaker, bangunan ini juga sempat menjadi asrama, kantor polisi, dan museum. Saat ini rumah tersebut digunakan sebagai salah satu kantor cabang Bank OCBC NISP dan restoran Makan-Makan.

Rumah ini mempunyai akhir yang bahagia, mengingat masih banyaknya bangunan bersejarah yang tersebar di Indonesia yang diruntuhkan untuk alasan komersial. (Annisa/Fardhani/Putri)

5 Comments:

  1. ternyata ini tempat bersejarah

  2. lah?bangunan bersejarah kek gini ko malah dijadiin cabang bank ya?pemerintah daerah juga kurang peduli sama bangunan2 tua kali yahh.. hmm..

  3. keren indonesia punya rumah warisan dunia :D

  4. bener juga.. masih banyak rumah/bangunan bersejarah lainnya di indonesia yg jg pantas jd warisan dunia.. anyway, nice post!

  5. wah ga nyangka di bandung ada rumah sekeren ini!

Leave a Reply