Governance Day: Menuju Forum Konkrit

Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Universitas Padjajaran atau yang dikenal dengan Hima IP Unpad Bandung, bekerja sama dengan Forum Komunikasi dan Kerjasama Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Indonesia (Fokkermapi), menggelar acara yang bernama Governance Day. Acara ini dicetus oleh Departemen Luar Negeri Hima IP Unpad sebagai langkah pengkonkritisasian dari Fokkermapi, karena selama ini forum tersebut hanya sebatas pertemuan – pertemuan dan musyawarah di daerah masing – masing saja. Untuk itu, Hima IP Unpad membuat event yang menyatukan anggota Fokkermapi dari berbagai sekolah tinggi atau universitas di Indonesia yang memiliki jurusan / program studi ilmu pemerintahan.

Tahun ini merupakan tahun pionir dari Governance Day itu sendiri, dengan Universitas Padjajaran (Unpad) sebagai tuan rumahnya. Acara ini digelar di Bale Santika Unpad dan Kampus Fisip Unpad, Jatinangor, pada tanggal 19 – 21 April 2011.

Di hari pertama pelaksanaannya, Governance Day dimulai dengan kuliah umum, dengan topik pembicaraan Dinamika Ekonomi Politik Indonesia Pasca Reformasi : “Fenomena Maraknya Pengusaha dalam Politik Praktis”. Kemudian juga ada pelatihan karya tulis dan dialog kaderisasi. Dialog kaderisasi ini merupakan sharing antar peserta mengenai acara Governance Day. Hari kedua, acara difokuskan pada lomba debat yang merupakan inti dari Governance Day. Pada hari ketiga, diadakan final lomba debat yang dimenangkan oleh mahasiswa Ilmu Pemerintahan Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Unpad sebagai runner up-nya. Setelah itu peserta diajak berkunjung ke Museum Konperensi Asia Afrika, Bandung. Kunjungan ini bertujuan untuk relaksasi peserta karena sudah melewati kegiatan akademis selama dua hari pelaksanaan Governance Day.

Peserta acara ini adalah anggota Fokkermapi yang berada di wilayah I, yang mencakup wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. Namun dari 38 Universitas yang diundang, hanya 8 Universitas yang mengirimkan kontingennya, yaitu; UGM; Unpad; Unikom, Bandung; STISIP Setiabudi, Rangkasbitung; Universitas Math’laul Anwar, Pandeglang; STIP Abdi Negara, Jakarta; Universitas 45 Bekasi; dan Universitas Sukabumi.

Selain pengkongkritisasian Fokkermapi, acara ini juga bertujuan untuk membangun kekeluargaan sekaligus kaderisasi dari masing – masing angkatan mahasiswa Ilmu Pemerintahan Unpad. Untuk kedepannya, panitia Governance Day optimis acara ini akan terus digelar setiap tahunnya. Dalam acara sharing, mereka juga sempat membahas rencana Governance Day untuk tahun mendatang. “Namun sampai sekarang kita belum ‘nentuin kapan Governance Day kedua diadakan dan siapa tuan rumahnya. Mungkin dalam musyawarah nanti, akan dibahas lebih lanjut,” ujar Muhamad Ihsan Taufik, Ketua Umum Governance Day. (Angga/Bangun/Tika)

8 Comments

  1. nice..semangat all

  2. Maju terus Ilmu Pemerintahan di Indonesia, terutama Unpad tentunya :p
    Semoga lulusan IP tetap bisa berkarya dan berguna di bangsa ini dan sukses di dunia kerja pastinya

  3. kembangkan !!!!

  4. perlu di ketahui juga, bahwa Gonernance Day akan menjadi agenda tahunan Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Unpad, walaupun dari masing- masing universitas lain mempunyai acara dengan konsep yang sama. teteapi UNPAD alhamdulillah menjadi pionir.
    terima kasih

  5. dengan di laksanakan governance day, di harapkan jurusan ilmu pemerintahan ke arah yang lebih baik telah di mulai

  6. good job teman-teman ip sekalian,kalian jadi bagian dalam sejarah ilmu pemerintahan indonesia. terima kasih buat kartika dwi kumala yang telah meliput acara ini.

  7. Perlu di ketahui juga, acara Governance Day ini insyaAllah akan menjadi agenda tahunan program kerja Departemen Luar Negeri Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan UNPAD, walaupun di masing- masing universitas bakal mengadakan acara dengan konsep yang sama, tetapi acara ini merupakan trademark dari UNPAD.
    TERIMA KASIH

Leave a Reply