Kedai Ling-Ling khas Jepang “Hemat dan Nikmat”

Kedai Ling-Ling terletak di lokasi yang strategis, yaitu di Jalan Sultan Agung daerah Trunojoyo dan Cihampelas, Bandung. Kedai utama berada di dekat SMA Santo Aloysius dan Distro D’Loops. Kedai ini berdiri sejak 7 tahun lalu, tepatnya 28 April 2005,” ungkap pemiliknya, Teguh Warsono.

Kedai ini bernama “Ling-Ling” yang diambil dari nama istrinya, kebetulan mereka sekeluarga menyukai kebudayaan kuliner Jepang. Pemilik kedai ini dulunya adalah koki di salah satu restoran di kota Bandung. Ia pun mencoba berwirausaha dengan berjualan makanan, seperti batagor, siomay, bakso malang, dan nasi goreng keliling. Ia menyewa counter untuk merintis terbentuknya Kedai Ling-Ling ini. Dengan modal terbatas, ia tetap berusaha dengan memulai jualan makanan di bazaar campus to campus. Ia sengaja memilih konsep kedai dengan bentuk counter agar terkesan “merakyat” karena tempat mewah pasti akan dianggap mahal.

Suasana kedai ini seperti “mise” di Jepang dan jadi tempat tongkrongan yang pas buat ngobrol bersama teman-teman sepulang beraktivitas di sekolah atau kampus. Pengunjung rata-rata datang sebelum kedai dibuka dan mengantri untuk memesan dengan sistem waiting-list. Kedai ini buka pada pukul 1 siang sampai pukul 10 malam. Mayoritas pelanggan adalah anak muda, seperti mahasiswa, siswa SMP-SMA, dan umum.

Dengan jumlah pegawai 4 orang, kedai ini tetap ramai dikunjungi dan melayani dengan baik. “Pekerjaannya santai dan menyenangkan,” ucap salah seorang pegawai, Fais Kurniawan. “Pegawainya melayani dengan ramah dan sering mengeluarkan candaan ringan,” ucap Miranti, salah seorang pelanggan. “Menu makanan disini sangat enak dan diharapkan lebih variatif lagi,” ungkap Nurul. “Makanan khas Jepang dengan harga murah, sangat sesuai dengan kantong kami sebagai siswa SMA,” ujar Fitri.

Kisaran harga sangat terjangkau dari Rp 7500,-  sampai Rp 20.000,- untuk semua jenis foods maupun beverages. Seluruh bahan makanan diimpor langsung dari Jepang kecuali telur dan daging. Menu makanan antara lain:

-         Takoyaki (bola-bola Jepang isi daging)

-         Kuro Takoyaki (takoyaki hitam dengan tinta cumi)

-         Okonomiyaki (martabak Jepang isi sayur, telur, dan daging)

-         Sobayaki (martabak mie Jepang isi mie soba, telur, dan daging)

-         Modanyaki (martabak Jepang isi sayur, mie soba, telur, dan daging)

-         Winner Cheese Modanyaki (modanyaki tripple cheese dan daging cumi)

Menu andalannya adalah Okonomiyaki

Minuman:

-         Thai Green Tea (teh hijau Thailand)

-         Tarro Latte (talas Taiwan)

-         Smoothies: Strawberry, Leci, dan Banana

-         Frappe: Chocholatte dan White Mocca

 

Kedai ini cukup terkenal seantero Bandung, namun omsetnya masih jauh dari target per bulan. Kedai ini lebih mementingkan kepuasan pelanggan dan kesejahteraan pegawai. Kedai Ling-Ling tidak akan menaikkan harga walaupun BBM akan naik bulan depan, sebagai salah satu wujud kepedulian pemilik kedai Ling-Ling. Kedai ini juga pernah dikunjungi presenter kuliner Bondan Winarno dan musisi Glenn Fredly.

1 comment for “Kedai Ling-Ling khas Jepang “Hemat dan Nikmat”

  1. alifian tiko
    February 15, 2014 at 18:17

    c4nt!Q beudhhhh

Leave a Reply